Tahukah Anda Bahan Miniatur untuk Souvenir Perusahaan?

bahan miniatur

Bahan miniatur menjadi salah satu faktor penentu kualitas kerajinan. Jika dibuat dari bahan kualitas buruk, tentu miniatur yang dihasilkan juga buruk. Begitu juga sebaliknya, jika bahan yang digunakan premium, Anda pun akan mendapatkan souvenir premium. Oleh karena itu, penting untuk memilih bahan dalam membuat miniatur, terutama yang dijadikan sebagai souvenir perusahaan yang berkelas.

Bahan apa saja untuk membuat miniatur?

Bahan untuk membuat miniatur dapat berupa kayu, akrilik, hingga logam. Bahkan, miniatur dapat dibuat dari bahan kardus, stik es krim, dan kertas koran. Pemilihan bahan tersebut tersebut tergantung pada tujuan pembuatan souvenir. Bila untuk kerajinan tangan, rasanya bahan kardus, stik es krim, atau kertas koran bisa menjadi pilihan. Sementara itu, jika untuk souvenir, miniatur dapat dibuat dari logam.

bahan miniatur

  • Kardus, stik es krim, dan kertas koran

Miniatur memang dapat dibuat dari kardus, stik es krim, atau kertas koran. Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat miniatur dari bahan-bahan tersebut adalah membuat pola miniatur. Kemudian, kardus bisa dipotong sesuai dengan pola yang ada. Untuk kertas koran, biasanya akan dipilin hingga berbentuk batang. Kemudian, miniatur bisa dibuat dengan menyusun batang koran atau stik es krim, lalu merekatkannya.

  • Kayu, akrilik, dan logam

Jika miniatur dibuat untuk dijadikan souvenir perusahaan, bahan yang digunakan bisa berupa logam. Logam dipilih karena kokoh dan memberikan kesan elegan. Bahan tersebut dapat dipadukan dengan kayu atau akrilik untuk memberikan kesan menarik dan eksklusif. Kemudian, miniatur untuk souvenir bisa dikerjakan oleh tenaga ahli supaya hasilnya lebih berkelas dan berkualitas dan terhindar dari risiko kecacatan.

Baca juga: Sudah Tahu Macam Macam Miniatur dan Manfaatnya?

Selain dari segi bahan, Anda pun perlu mempertimbangkan desainnya. Desain miniatur akan berpengaruh pada tampilan souvenir. Di samping itu, melalui desain yang tepat, miniatur akan mampu menunjukkan kesan yang bermakna. Perusahaan bisa menampilkan hal-hal yang menjadi ciri khas sehingga miniatur bisa menjadi media untuk menunjukkan citra diri kepada relasi atau pihak lain yang bersangkutan.

Sebagai dasar pertimbangan, perusahaan bisa membuat miniatur custom yang desainnya bisa dirancang sesuai dengan ekspektasi. Hal ini berarti desain tidak sekadar sesuai dengan karakteristik perusahaan, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara. Selain representatif, miniatur yang dibuat tentu juga akan lebih sesuai dengan konsep acara di suatu perusahaan sehingga bisa menjadi hadiah yang berkesan.

Ada juga berbagai pilihan miniatur pertambangan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang tambang. Miniatur dapat dibuat dengan menjadikan berbagai alat operasional tambang sebagai inspirasi. Kemudian, ada berbagai pilihan miniatur kapal yang menunjukkan nuansa kemaritiman, seperti miniatur kapal pesiar. Di samping itu, masih ada miniatur jembatan Suramadu yang menunjukkan jembatan ikonik di Indonesia.