Souvenir Miniatur Rumah Panjang Kalimantan Barat

No. Model : MB 61
Nama : Souvenir Miniatur Rumah Panjang Kalimantan Barat
Bahan Miniatur : Logam
Warna Miniatur : Emas
Bahan Dudukan : Kayu
Warna Dudukan : Hitam

Additional information

Description

Souvenir miniatur rumah panjang menunjukkan nilai-nilai budaya khas Kalimantan Barat. Sesuai dengan namanya, rumah panjang memang memiliki arsitektur yang panjang. Bangunan adat yang berupa rumah panggung ini memiliki panjang hingga 180 meter. Kemudian, rumah panjang ini memiliki lebar 6 meter dengan tinggi 5 hingga 8 meter. Rumah panjang juga sering disebut dengan rumah betang.

Rumah panjang biasanya digunakan untuk ditinggali oleh keluarga besar yang terdiri dari beberapa kepala keluarga. Untuk memasuki rumah panjang, keluarga harus menaiki tangka atau anak tangga. Tidak sekadar menjadi tempat tinggal, rumah panjang juga digunakan untuk kegiatan masyarakat yang berupa rapat dan pertemuan. Bahkan, rumah panjang ini dipakai untuk upacara adat.

Dengan berbagai keunikannya, rumah panjang menjadi inspirasi untuk menghadirkan souvenir. Miniatur rumah panjang adalah salah satu bentuknya. Kerajinan miniatur rumah ini menjadi bentuk souvenir relasi perusahaan yang menarik. Karena selain menunjukkan nilai-nilai budaya, dengan membuat miniatur rumah panjang menjadi media untuk mengenalkan dan melestarikan budaya.

Souvenir Miniatur Rumah Panjang untuk Kenang-kenangan

Souvenir miniatur rumah panjang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan yang diberikan perusahaan kepada relasi saat terjadi kunjungan bisnis. Di samping itu, desain miniatur rumah adat ini dapat diberikan untuk mengapresiasi prestasi atau kemajuan dalam berbisnis. Miniatur rumah panjang pun bisa diberikan sebagai ucapan terima kasih kala mengadakan kerja sama bisnis.

Tidak hanya rumah panjang, miniatur bangunan adat bisa terinspirasi dari berbagai rumah adat khas daerah-daerah yang ada di Indonesia. Misalnya saja, miniatur rumah gadang untuk menunjukkan nilai-nilai budaya khas Sumatra Barat. Ada juga miniatur rumah adat joglo yang menggambarkan keistimewaan budaya khas provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain rumah adat, perusahaan bisa membuat miniatur yang terinspirasi dari berbagai objek. Misalnya saja, perusahaan pertambangan membuat berbagai miniatur alat berat yang memang tidak bisa dilepaskan dari operasional perusahaan tambang. Kemudian, ada juga pilihan miniatur pabrik pertambangan yang bisa dipilih. Berbagai miniatur tersebut bisa dibuat secara custom agar terlihat berkesan.