Apa Manfaat Miniatur? Berikut ini adalah 5 Kegunaan Miniatur

Souvenir Miniatur Gedung DPR-MPR

Manfaat miniatur yang utama adalah untuk mereplikasi bentuk asli dari suatu objek yang berukuran besar. Dengan kata lain, miniatur, termasuk miniatur kapal, mampu memvisualisasi imajinasi dari pengrajin terhadap suatu objek untuk ditunjukkan kepada masyarakat. Selain itu, ada juga manfaat lain dari kerajinan yang satu ini. Manfaat lebih lanjut akan diulas secara lebih mendalam dalam artikel kali ini.

Apa Manfaat dari Miniatur?

Jika berbicara tentang manfaat dari miniatur, sejatinya tidak sekadar menjadi bentuk replikasi. Akan tetapi, pada beberapa momen, kerajinan miniatur bisa memiliki kegunaan yang lebih. Misalnya saja, di mata seorang kolektor, miniatur dapat dimanfaatkan sebagai barang koleksi yang bernilai tinggi. Di sisi lain, miniatur juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  • Manfaat miniatur sebagai kenang-kenangan

Miniatur dapat dijadikan sebagai bentuk kenang-kenangan, terutama yang terinpsirasi dari bangunan-bangunan ikonik. Hal ini dapat Anda lihat dari miniatur Jembatan Suramadu yang memang dibuat dengan menjadikan jembatan terpanjang di Indonesia sebagai inspirasi. Selain itu, ada juga miniatur rumah adat honai yang menunjukkan kekhasan budaya Papua.

  • Miniatur menjadi bentuk ucapan terima kasih

Di sisi lain, miniatur dapat pula dijadikan sebagai bentuk ucapan terima kasih. Pesan ini tergambarkan kala miniatur dipilih oleh suatu perusahaan sebagai souvenir. Biasanya, perusahaan membuat miniatur gedung yang diberikan sebagai souvenir kepada relasi bisnisnya. Miniatur tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperkuat hubungan bisnis dengan relasinya.

manfaat miniatur

  • Miniatur sebagai penghargaan prestise

Manfaat lain dari miniatur adalah sebagai bentuk penghargaan prestise. Hal ini juga tergambar pada hubungan perusahaan dan relasi. Perusahaan dapat memberikan miniatur yang representatif kepada relasi. Misalnya saja, miniatur alat berat untuk perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan atau miniatur jembatan untuk perusahaan konstruksi.

  • Miniatur sebagai sarana branding

Miniatur yang sesuai dengan karakteristik atau jati diri perusahaan dapat dijadikan sebagai sarana untuk branding. Sebagai contoh, miniatur pabrik pertambangan yang menjadi pilihan cendera mata perusahaan. Dengan memberikan souvenir yang representatif, tentunya pesan mendalam akan lebih tersampaikan kepada pihak penerimanya.

  • Miniatur mendukung promosi

Manfaat lain dari miniatur adalah menjadi sarana yang mendukung promosi perusahaan. Karena itulah, perusahaan yang menjadikan miniatur sebagai souvenir akan membuat perencanaan yang matang. Hal ini bertujuan untuk menjaga citra perusahaan. Dengan citra positif, perusahaan tentu lebih mudah mengenalkan produk kepada masyarakat secara luas.

Dengan beragam manfaatnya tersebut, apakah Anda tertarik untuk membuat miniatur? Jika untuk kebutuhan souvenir perusahaan, ada baiknya miniatur dibuat sesuai dengan karakteristik perusahaan. Anda bisa merencanakan miniatur custom yang desainnya dapat disesuaikan dengan ekspektaasi Anda. Segera saja buat sekarang dan jadikan perusahaan Anda makin bersinar!